Sunday, January 29, 2017

Membuat proyektor dari ohp bekas dan lcd monitor bekas

Disini saya tidak akan memberikan tutorial cara membuat sebuah proyektor sendiri. Karena di google sudah banyak tutorial2 cara membuat proyektor dari ohp bekas. Saya cuma mau sedikit berbagi pengalaman saya waktu membuat proyektor dari ohp bekas dan monitor lcd bekas.

Sebenarnya sudah lama saya punya keinginan untuk mempunyai sebuah proyektor. Tapi keinginan itu saya pendam karena harga proyektor yg begitu dalam bagi kantong saya.

Ketika iseng2 buka google ternyata ohp bekas bisa dibuat proyektor saya langsung termotivasi untuk membuatnya.

Dan keinginan itu mulai terlaksana ketika saya jalan2 di pasar senthir Yogyakarta dan mendapatkan ohp bekas dengan harga 150 ribu.
Oleh penjualnya sebenarnya di tawarkan 200 rb. Tapi kutawar 100 rb, dan jadinya 150 rb. Ohp nya masih bagus dan ketika kucoba lampunya masih hidup.

OHP (Overhead Projektor) CM 1708

Pasar senthir adalah pasar barang2 bekas yang berlokasi di tempat parkir mobil, selatan pasar Beringharjo. Buka dari habis maghrib sampai jam sebelasan.

Tahap berikutnya aku mencari monitor lcd bekas biar murah. Lcd nya gak boleh lebih besar dari layar ohp, karena akan pengaruh nantinya pada gambar di layar. Jadi lcd nya yang ukuran 14 inc atau 15 inc.

Akhirnya aku mendapatkan monitor lcd bekas 15 inc merek inforce seharga 325 rb di situs jual beli olx.

Ditahap ini agak sulit dan mesti punya nyali. Karenanya aku harus hati2 membuka monitor dan membuang lampu backlight nya. Sehingga tinggal layar lcd yang bening dan komponen2 yang penting.


Lcd yg sudah kubuang backlightnya kucoba diatas Ohp

Setelah ini aku membuat "tatakan" untuk layar dan komponen2nya untuk ditaruh diatas ohp dari papan tipis, biar gak geser2 dan sedikit ada jarak antara kaca ohp dan layar lcd.
Kalau teman2 pembaca mau membuat tatakan ini ingat ya: layar lcd jangan ditutupi. Jadi dipinggir2nya aja, seperti figura photo.

Tatakan layar monitor lcd dan komponen2nya

Ditahap ini sebenarnya sudah selesai. Karena hanya tinggal menaruh layar diatas ohp dan menghubungkan monitor dengan perangkat2 yang menghasilkan gambar atau video. Baik itu dari komputer maupun perangkat yang lainnya, seperti DVD player misalnya.

Aku sendiri menggunakan DVD player sebagai penghasil videonya.
Karena video dari dvd player ke monitor lain jenisnya maka aku pasang inverter diantara Dvd dan monitor.

Inverter yang kupakai murah meriah. Yaitu merek Gadmei. Inverter ini ada tv tunernya, sehingga kalau kita ingin melihat acara tv tinggal memasang antena aja.

Dibawah ini tampilan layar proyektornya yang sudah aku unggah di youtube.



Oh ya karena lampu ohp itu watt nya besar diatas 100 watt, maka biar awet layar monitornya aku kipasi dengan kipas angin.

Itulah teman pengalaman saya membuat proyektor dari ohp bekas. Walaupun hasilnya gak maksimal  tapi saya bangga dengan hasilnya.

Siapa tau pengalaman saya ini bisa memotivasi teman yang ingin membuat proyektor dari ohp dan hasilnya lebih bagus lagi.





No comments:

Post a Comment

Membuat proyektor dari ohp bekas dan lcd monitor bekas

Disini saya tidak akan memberikan tutorial cara membuat sebuah proyektor sendiri. Karena di google sudah banyak tutorial2 cara membuat proy...